Pembiayaan

 

Qardh

Pinjaman dana yang dapat mensyaratkan atau dapat tidak mensyaratkan adanya imbalan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan untuk jangka waktu tertentu antara peminjam (pihak nasabah) dan pemberi pinjaman (Pihak Bank).

 

Pembiayaan Bagi Hasil (Mudharabah)

Pembiayaan dengan sistem bagi hasil. Bank Syariah Tanggamus sebagai pemilik dan memberikan dana kepada nasabah untuk membuka usaha baru dengan modal 100% dari Bank Syariah Tanggamus. Pengelola usaha harus melaporkan usahanya dan keuntungan dibagi sesuai dengan porsi (nisbah) yang telah disepakati

 

Pembiayaan Ijarah Multijasa

Pada prinsipnya sama dengan Ijarah, hanya saja dalam ijarah multijasa menyewakan jasa yang bersifat konsumsi seperti untuk keperluan biaya pendidikan, biaya kesehatan, dan lain-lain.

 

Pembiayaan Al-Murabahah

- Pembiayaan Pengadaan Barang (Murabahah)

Pembiayaan pengadaan barang (Murabahah) merupakan pembiayaan dengan sistem jual beli barang. Bank Syariah Tanggamus menjual barang yang sesuai dengan keinginan calon pembeli (nasabah) dengan harga yang telah disepakati bersama (harga pokok pembeli ditambah keuntungan atau Bank Syariah Tanggamus memberi kuasa kepada nasabah untuk membeli

barang tersebut dan menjualnya kepada nasabah). Pola pembiayaan dengan konsep Al-Murabahah (jual-beli) mengutamakan azas keterbukaan, keadilan dan kesetaraan. Hubungan kemitraan dilakukan dengan dasar suka sama suka, tanpa ada paksaan dan mengetahui semua hal yang disepakati dalam perjanjian tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Manfaat :

     - Untuk penambahan modal usaha bagi pedagang, usaha mikro, kecil, dan menengah

     - Untuk pembiayaan konsumsi, investasi atau modal kerja bagi PNS, CPNS,dan  pegawai